Menulis Buku Ajar

KBMN Gelombang 30, pertemuan ke 5.
Moderator : Nur Dwi Yanti, M.Pd
Narasumber: Dr. Mudafiatun, S.Pd, M.Pd
Hari/ Tanggal: Rabu, 25-10-2023
Tema:  Menulis Buku Ajar.

Petemuan Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN)
Diawali dengan menulis puisi yang sangat bermakna sekali silakan simak makna puisinya.



Buku ajar, cahaya ilmu abadi
Penuh makna dan hikmah
Tersimpan pengetahuan tak ternilai.

Goresan tanpa suara
Teman dalam perjalanan, memahami dunia.

Buku ajar, teorema, sejarah tanpa batas
Terang benderang terpampang, menantang memberi arti.

Buku ajar petualangan tak terbatas,
Menjelajah tentang diri dan alam.

Buku ajar teman sejati, 
Jendela menuju dunia tanpa batas.




Apabila kamu telah selesai dengan suatu urusan, maka segera kerjakanlah urusan yang lain.

Salah satu tanda kita masih mencintai kehidupan adalah dengan terus bergerak. 
Bergerak maju menjemput impian, dan bukan jalan ditempat, apalagi mundur kebelakang untuk mengingat kenangan. Sebab masa lalu hanyalah kenangan   bukan diratapi dan dipertanyakan. 

Maka teruslah bergerak maju ke depan.


Peserta Pelatihan Temu Penulis KBMN harus  mampu menulis Buku Ajar (BA) mata pelajaran/kuliah yang diampu sesuai dengan teori-teori dan prinsip-prinsip penulisan BA.



Ini tantangani bagi peserta jika tujuan pembelajaran malam ini tercapai.

kita tahu sebagai guru/pendidik pasti akan menemui istilah: 
Bahan Ajar  VS  Buku Ajar

Bahan ajar menjadi Ruh nya seorang guru.
Pentingnya BA dalam pembelajaran, ini menjadi kendali seorang guru.
Apa yang terjadi jika seorang guru tidak memiliki bahan ajar? 

Sudah tahu jawabnnya bukan?
Bahan ajar VS BUKU AJAR.


Bahan ajar menjadi Ruh nya seorang guru.
Pentingnya BA dalam pembelajaran, ini menjadi kendali seorang guru.
Apa yang terjadi jika seorang guru tidak memiliki bahan ajar? 

Sudah tahu jawabnnya bukan?


Bahan ajar menjadi Ruh nya seorang guru.
Pentingnya BA dalam pembelajaran, ini menjadi kendali seorang guru.
Apa yang terjadi jika seorang guru tidak memiliki bahan ajar? 

Sudah tahu jawabnnya bukan?

Bahan  Ajar  VS Buku Ajar


Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau dosen  dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis ataupun tidak tertulis.

Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara siatematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.
Istilah BUKU AJAR ini adalah:
Hasil Penelitian/Hasil Pemikiran.

Guru harus memiliki visi untuk memiliki buku ajar yang akan diajarkan pada siswa kiat.

sekarang bagaimana Cara Penulisan Buku Ajar?



Syarat Awal Menulis Buku Ajar/ Teks
1. Menguasai ilmu
2. Kemampuan berbahasa
3. Komitmen guru/ dosen.



Karena Buku Ajar bagian dari hasil pemikiran maka seorang guru harus memilik Penguasaan Ilmu.

Sangat sederhana sekali, apa yang Bpk Ibu Rancang dalam rencana pembelajaran setiap hari itu bisa dibuat sebagai bahan ajar dalam buku ajar, Bpk Ibu pasti sudah memiliki Bahan Ajar ATAU PENGUASAAN ILMU.


Sumbernya ada di sini yaitu: materi yang akan digunakan untuk mengajar, pasti semua sudah memiliki.

selanjutnya tingga; memiliki KEMAMPUAN BERBAHASA

Dan terakhir harus  KOMITMEN.
Siapa diantara Bpk Ibu yang sudah memiliki 3 komponen di atas?
itulah MODAL awal

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis.

Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar

Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar.

Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001).


Mengapa BUKU AJAR dibutuhkan saat PEMBELAJARAN?


Ada trilogi pembelajaran yaitu:

1. Tujuan jelas, Memiliki strategi dan penilaian.
2. Tujuannya: bimbingan kepada siswa dapat belajar
sekalipun tidak ada guru.
3. Dapat belajar kapan dan di mana saja
4.Tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
 5. Bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi.



Ada trilogi pembelajaran yaitu:

1. Tujuan jelas, Memiliki strategi dan penilaian.
2. Tujuannya: bimbingan kepada siswa dapat belajar
sekalipun tidak ada guru.
3. Dapat belajar kapan dan di mana saja
4.Tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
 5. Bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi.


Coba Bpk Ibu bayangkan ketika buku ajar nya ciptaan Bpk Ibu sendiri, pasti ada nilai kepuasan yang tidak ternilai, siapa yang setuju pendapat ini?

Selain kepuasan ada keuntungan lain yaitu: Promosi & Kenaikan Pangkat 
- Mendapatkan insentif 
- Finansial-Royalti.

Coba Bpk Ibu bayangkan ketika buku ajar nya ciptaan Bpk Ibu sendiri, pasti ada nilai kepuasan yang tidak ternilai, siapa yang setuju pendapat ini?

Selain kepuasan ada keuntungan lain yaitu: Promosi & Kenaikan Pangkat 
- Mendapatkan insentif 
- Finansial-Royalti

Ada kata kunci yang akan mengarahkan buku ajar kita,  masing- maaing bagi yang guru TK pastinya dia berpengalaman mengajar di TK, untuk guru mapel SD? SMP? SMA? SMK? PT pasti ada dan memiliki pengalaman masing- masing, ini yang akan menjadi khasanah kita

Seorang guru ada sebagai PENELITI dari hasil observasi guru terhadap siswa ini menjadi sense tersendiri yang akan mewarnai buku ajar.
Pengalaman yang didapat saat mengajar, belajar saat pembelajaran akan membantu suksesnya buku ajar.
Bp/Ibu sudah mendesain rancangan pembelajaran harian, minggu, bulan, semstr dan tahun...ini bahannya sudah menjadi
tinggal nanti merumuskan JUDUL
jika sudah ada gambaran kita akan bawa kemana buku kita?
1. BUKU AJAR?
2. BUKU MODUL?
3. DIKTAT?
4.  PETUNJUK PRAKTIKUM?
5. NASKAH TUTORIAL?

Tinggal mau pilih  sesuai dengan mapel yang diajarkan. 

Yang ini jenis buku nya berbeda, karena   BUKU HASIL PENELITIAN/PEMIKIRAN yaitu:

1.BUKU REFERENSI
2. MONOGRAF

Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku yang substansi, pembahasannya pada satu bidang ilmu, ditulis mengikuti kaidah ilmiah dan disebarluaskan secara resmi

Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku yang membahas hanya pada satu hal saja dalam suatu bidang ilmu.


CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR

1. PENATAAN INFORMASI (compilation text)
Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun

 2. PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging)
Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalam RPS

 3. MENULIS SENDIRI (starting from scratch)
Guru/Dosen menulis sendiri berdasarka catat apa yg belum di pahami.



Ada kata kunci yang akan mengarahkan buku ajar kita,  masing- maaing bagi yang guru TK pastinya dia berpengalaman mengajar di TK, untuk guru mapel SD? SMP? SMA? SMK? PT pasti ada dan memiliki pengalaman masing- masing, ini yang akan menjadi khasanah kita

Seorang guru ada sebagai PENELITI dari hasil observasi guru terhadap siswa ini menjadi sense tersendiri yang akan mewarnai buku ajar.
Pengalaman yang didapat saat mengajar, belajar saat pembelajaran akan membantu suksesnya buku ajar.
Bp/Ibu sudah mendesain rancangan pembelajaran harian, minggu, bulan, semstr dan tahun...ini bahannya sudah menjadi
tinggal nanti merumuskan JUDUL
jika sudah ada gambaran kita akan bawa kemana buku kita?
1. BUKU AJAR?
2. BUKU MODUL?
3. DIKTAT?
4.  PETUNJUK PRAKTIKUM?
5. NASKAH TUTORIAL?

Tinggal mau pilih  sesuai dengan mapel yang diajarkan. 

Yang ini jenis buku nya berbeda, karena   BUKU HASIL PENELITIAN/PEMIKIRAN yaitu:

1.BUKU REFERENSI
2. MONOGRAF

Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku yang substansi, pembahasannya pada satu bidang ilmu, ditulis mengikuti kaidah ilmiah dan disebarluaskan secara resmi

Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku yang membahas hanya pada satu hal saja dalam suatu bidang ilmu.


CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR

1. PENATAAN INFORMASI (compilation text)
Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun

 2. PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging)
Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalam RPS

 3. MENULIS SENDIRI (starting from scratch)
Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan  kepakaranya RPS mata kuliah yang diampu.

Komentar

Postingan Populer