Teknik Menulis Resume
Kelas Belajar Menulis Nusantara
Pertemuan ke 3, Gelombang 30
Hari Jumat, 20 Oktober 2023.
Narasumber: Raliyanti, S.Sos., S.Kom., M.Pd
Moderator: Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd.
Pada pertemuan malam ini saya akan belajar mengenai, bagaimana cara membuat resume yang baik dan benar. Bersama ibu Narasumber yang hebat yaitu Ibu Ruiyanti. Sebelumnnya kita harus tahu dulu apa itu resume? Dan bagai mana cara membuat resume yang baik.
Resume adalah ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang. Media belajar menulis di KBMN ini adalah melalui blog, dengan menulis resume dari setiap materi.
How to write a good resume?
Bagaimana cara menulis resume yang baik, bagaimana agar terhindar dari plagiasi.
Agar tulisan resume kita semakin bagus, materi malam ini WAJIB untuk diikuti. Berbagai macam trik dan ilmu meresume akan disampaikan dengan lugas, menarik dan mudah diikut.
Setidaknya terdapat beberapa format yang seharusnya ada dalam resume.
Resume itu Apa saja isinya?
Resume materi harus memuat informasi-informasi berikut:
1. Judul materi dan nama narasumber
2. Ringkasan singkat tentang tema utama materi
3. Bagian-bagian penting dari materi yang dipilih untuk disertakan dalam resume.
Bagaimana Cara Menulis Resume dengan
Benar:
1. Amati materi dari Narasumber dengan baik.
2. Modifikasi materi yang diberikan narasumber menjadi bahasa sendiri dengan kaidah penulisan yang baku.
3. Hindari copy paste seluruh materi narasumber
4. Kembangkan materi yang disampaikan narasumber dengan relevansi materi dari luar yang related.
5. Berikan kesimpulan di akhir penjabaran resume atau tepatnya sebelum kalimat penutup.
6. Yang terpenting dalam membuat resume adalah membuatnya dengan gaya bahasa sendiri, agar tulisan kita memiliki seni yang khas.
Crucial Point
Important Thing in Writing Resume:
1. Tulis Resume dengan Paragraf Pendek-pendek. Karena, paragraf yang panjang cenderung membuat pembaca menjadi jenuh.
2. Tulis pernyataan narasumber dengan gaya Parafrashe, yaitu kalimat pengulangan yang
dikemas dengan gaya bahasa sendiri
Saya yakin, hal-hal yang berhubungan dengan resume ini sudah dipahami dan sudah diterapkan... bagi yang belum menerapkan, tinggal dirapikan di resume berikutnya.
Bagaimana supaya kita bisa cepat membuat resume dengan cepat di blog?
Tentu ada tekniknya.
Memang ada sedikit "ritual" yang perlu dilakukan
Bisa menulis resume dengan menggunakan 2 perangkat. Siapkan gawai dam komputer sebelum pelajaran / materi dimulai. Tetapi
Kalau ini opsional. Tapi kalau dilakukan akan mendukung kecepatan bapak ibu pada saat pengumpulan link.
Itulah sebabnya mengapa kita harus memiliki karakter dalam menulis. Harus memiliki kekhasan dalam bahasa tulisan.
Ini penting untuk menambah bumbu dalam tulisan kita
Mengapa perlu cepat menulis Resume?
Selalu menjadi yang tercepat di setiap mengumpulkan resume dapat mendatangkan banyak keuntungan.
Sekalian blog kita ramai dikunjungi, salah satunya biasanya selalu mendapatkan hadiah kejutan berupa buku yang didapatkan dengan gratisan.
Hindari Plagiarisme.
Sebagai penulis pemula, memang bukan hal yang mudah untuk menumbuhkan sikap percaya diri.
Untuk menjadi penulis handal, kita harus memupuk mental baja dalam menulis dengan cara:
1. Tanamkan sikap percaya diri. Jangan merasa malu, karena tulisan yang kita anggap jelek akan menjadi luarbiasa bagi mereka yang tidak pernah belajar menulis.
2. Siap dengan segala kritikan. Meskipun terkadang budaya memuji lebih banyak dari budaya mengkritik, namun pujian itu harus membuat kita semakin memperbaiki tulisan.
4. Bangunlah tulisan di berbagai Blog.
Hal ini amat perlu karena terkadang orang akan bosan melihat penampilan kita yang itu-itu saja. Ibarat memakai baju, tentu orang akan bosan jika baju yang kita pakai hanya warna hijau saja. Itulah sebabnya tulisan harus memiliki warna lain, salah satunya tulisan kita pada blog lainnya.
Menulis di berbagai platform blog yang berbeda juga menanamkan mental penulis yang mudah beradaptasi dan tak segan memberi perubahan.
Apakah dari resume ini bisa menjadi buku?
Ya. Tentu saja
Bagaimana menjadikan resume sebagai buku?
1. Buat TOC/Daftar isi
2. Pilih resume yang akan dijadikan buku
3. Copas dab Pindahkan ke ms word.
4. Rapikan
5. Cari dan kirimkan penerbit.
Karakter menulis memang tidak tercipta begitu saja. Awalnya kita memang belum menyadari karakter kita seperti apa. Seorang penulis akan menemukan karakternya setelah mereka membaca. Membaca tulisan orang lain dengan beragai karakter. Dengan membaca, ada kemungkinan kita tertarik untuk mengikuti gaya tulisan penulis tersebut, kemudian kita ikuti. setelah itu kita baca lagi tulisan yang ditulis penulis lainnya.. ada kemungkinan juga kita tertarik menulis sepert itu dan kita menirunya.. dst. Hingga pada akhirya kita akan merasa nyaman dengan cara kita sendiri menulis... di situlah karakter menulis kita akan ditemukan.
Demikianlah cara menulis resume yang baik dengan menggunakan trik yang kita pakai.
Semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar